BAB III
GAMBARAN
UMUM PERUSAHAAN
3.1. Sejarah
Singkat Perusahaan.
PT.
ALFA Retailindo didirikan di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 1989, bergerak
di bidang usaha perdagangan eceran dan grosir. Dengan mengoperasikan gerai
swalayan yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari,
perlengkapan rumah tangga, termasuk elektronik, serta gerai yang melayani
pembelian secara grosir.
Antara
tahun 1989 sampai 1994, kegiatan usaha dibagi dalam 2 divisi yaitu divisi
swalayan yang menangani penjualan eceran, dan divisi grosir. Pada tahun 1994 PT
Alfa Retailindo membentuk satu divisi baru yaitu divisi distribusi, namun
pada tahun 1996, divisi distribusi memisahkan diri dan membentuk perusahaan
terpisah, PT Atri Distribusindo.
Saat
ini divisi swalayan telah memiliki 27 gerai yang tersebar di 15 kota di
Indonesia, sedangkan divisi grosir memiliki 8 gerai yang tersebar di 8 kota
besar di Indonesia. Operasional Kantor pusat PT Alfa Retailindo terletak
di Jl. MH Thamrin no. 9, Cikokol, Tangerang.
PT
Alfa Retailindo juga memiliki anak perusahaan yakni PT Beta Setia Mega. PT
Beta Setia Mega merupakan salah satu distributor eksklusif untuk produk-produk
Unilever di sebagian wilayah Jakarta dengan dua unit kerja di Sunter, Jakarta
Utara dan Palmerah, jakarta Selatan.
Kantor
pusat PT Alfa Retailindo terletak di Jakarta dengan kantor-kantor cabang
yang tersebar di kota-kota di pulau Jawa, Bali, dan Sulawesi. Untuk mendukung
kesuksesan dalam berbisnis, sejak tanggal 18 Januari 2000 PT Alfa Retailindo
telah mencatatkan dan memperdagangkan sahamnya di PT Bursa Efek Jakarta
PT Alfa Retailindo Tbk bergerak dalam pengelolaan
dan pengoperasian toko-toko eceran dan grosir dengan nama Toko Gudang Rabat
Alfa. Perseroan memiliki 2 anak cabang, yang pertama adalah PT Betasetia Mega,
merupakan distributor dari PT Unilever, dan yang kedua adalah PT Alfa Mitramat
Utama, pengoperasi jaringan minimarket dengan nama Alfa Minimart.
Program promosi Perseroan
untuk divisi supermarket meliputi slogan promo “harga murah setiap hari” untuk
item-item tertentu. Join promo program dengan supplier untuk produk baru/sample
juga terus digalang, misalnya demo memasak yang diadakan secara periodik.
Promosi untuk barang-barang yang dijual dengan harga murah pada hari itu
disosialisasikan kepada konsumen melalui brosur yang bernama “Alfa Info”
lengkap dengan informasi harganya.
Perseroan dipimpin oleh Putera Sampoerna sebagai presiden komisaris, yang juga menjabat sebagai presiden direktur di PT HM Sampurna Tbk, produsen utama rokok kretek di Indonesia, yang juga telah terdaftar di bursa.
Perseroan dipimpin oleh Putera Sampoerna sebagai presiden komisaris, yang juga menjabat sebagai presiden direktur di PT HM Sampurna Tbk, produsen utama rokok kretek di Indonesia, yang juga telah terdaftar di bursa.
3.2. Kegiatan
dan Jenis Usaha Perusahaan
PT.
ALFA Retailindo didirikan di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 1989, bergerak
di bidang usaha perdagangan eceran dan grosir. Dengan mengoperasikan gerai
swalayan yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari,
perlengkapan rumah tangga, termasuk elektronik, serta gerai yang melayani
pembelian secara grosir.
Divisi Supermarket
mengoperasikan 20 outlet di 14 kota di pulau Jawa, Bali, dan Sulawesi Utara.
Target konsumennya adalah penjual pengecer kelas menengah ke bawah dan pembeli
belanja bulanan. Divisi supermarket mengkategorikan produknya menjadi 2 yaitu:
Bagian I, menangani elektronik dan perangkat rumah tangga, serta Bagian II,
menangani produk-produk kecantikan, kesehatan, perlengkapan bayi, handuk,
sprei, alat dapur, kain, aksesoris, tas dan bahan-bahan kulit, makanan termasuk
makanan kering, snacks dan soft drinks, susu dan selai, jelly, bahan-bahan
makanan termasuk telur, bahan makanan beku, bahan makanan segar, buah, roti dan
kue, dan lain-lain seperti botol dan krat kaleng.
DIVISI ECERAN
Divisi ini bergerak dalam bidang usaha eceran
barang-barang kebutuhan pokok, elektronik, serta peralatan rumah tangga.
Sebagai salah satu bentuk pelayanan kami kepada pelanggan, kami menggunakan
sistem barcode di setiap gerai untuk mempercepat pelayanan transaksi, disertai
dengan area parkir dan gedung yang luas untuk kenyamanan dalam berbelanja.
Kami memberikan
garansi uang kembali untuk setiap barang-barang yang dibeli jika terbukti harga
di gerai kami lebih mahal dibandingkan dengan gerai yang lain. Ini merupakan
komitmen Alfa untuk memberikan harga semurah mungkin kepada pelanggan tanpa
mengurangi kualitas barang.
Di tahun
2001-2002 ini, setelah melalui berbagai krisis di Indonesia, PT Alfa
Retailindo, Tbk. mampu membuktikan diri sebagai salah satu perusahaan
eceran terpercaya di Indonesia, dengan dibukanya 3 gerai baru di Jakarta dan
Lampung.
DIVISI GROSIR
Hanya
gerai dengan luas bangunan yang cukup banyak menampung stok barang yang
melayani penjualan secara grosir, dan untuk setiap kota hanya terdapat satu
divisi grosir. Saat ini PT Alfa Retailindo. Tbk memiliki 8 gerai yang
melayani penjualan secara grosir dan terletak di 8 kota besar Di Indonesia
yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, Malang, dan
Denpasar.
Untuk
divisi gosir ini, hanya melayani penjualan barang-barang kebutuhan pokok, dan
kami memberikan harga grosir untuk setiap barang dengan tujuan agar pelanggan
dapat menjual kembali ke pasar.
3.3. Stuktur
Organisasi
PT. ALFA RETAILINDO.Tbk
menggunakan sistem organisasi yang biasa disebut dengan sistem lini yaitu suatu
sistem yang dibentuk oleh hubungan kekuasaan kepada seorang bawahannya yang
berturut-turut mendelegasikan kepada bawahannya yang lain, sehingga membentuk
sebuah garis dan tingkat struktur organisasi paling atas sampai tingkat paling
bawah. Untuk lebih jelas mengenai pembagian tugas pada masing-masing bagian
dapat diterangkan sebagai berikut :
1. General Manajer, Tugas bagian ini adalah:
- Mempertahankan kontuinitas hidup dan laju perusahaan sesuai target yang diharapkan.
- Menilai prestasi kerja seluruh karyawan yang dipimpinnya.
- Melakukan analisa pasar.
- Melakukan tugas-tugas lain yang masih berhubungan dengan pengolahan perusahaan.
2. Assistant General Manajer I, Tugas bagian ini
adalah :
a.
Mengkoordinir Kepala Divisi Keuangan dan Devisi Personalia.
b. Membuat dan meneruskan
kebijaksanaan dan rencana kerja
dalam
bidang Keuangan dan Personalia General
Manager.
3. Assistant General Manajer II, Tugas bagian
ini adalah :
a.
Mengkoordinir Kepala Divisi Operasi, Kepala Bagian
Kontradistrik dan Kepala Bagian
Maintenance.
b.
Melapor perkembangan kegiatan dan bagian yang ada di
bawahannya pada General Manager.
4. Assistant General Manajer III, Tugas bagian
ini adalah :
a.
Mengkoordinir kegiatan Kepala Divisi Merchandising,
Kepala Devisi Marketing dan bagian Supplier Relation.
b.
Melapor pertimbangan kegiatan dan bagian yang ada
dibawahnya
pada General Manager.
5. Kepala
Bagian New Store Division, Tugas bagian ini adalah :
Merencanakan suatu cabang di supermarket di suatu
daerah, mulai dari perencanaan izin tempat, izin lain yang diperlukan dan
segala sesuatunya yang menyangkut pendirian sampai tanggal peresmian PT. ALFA Retailindo yang baru itu.
6. Kepala Divisi Keuangan dan Administrasi,
Tugas bagian ini adalah :
a.
Mengawasi keuangan PT. ALFA RETAILINDO yang dihasilkan dan
dilaporkan pada Assistant Manajer I.
b.
Mengurusi pembayaran dan penerimaan uang untuk persenan.
7. Kepala Divisi Personalia dan Umum, Tugas
bagian ini adalah :
a.
Merekrut, menyeleksi dan melatih pagawai baru.
b. Merencanakan
dan melakukan training untuk pegawai baru.
c.
Merencanakan dan melakukan program pengembangan karier.
8. Kepala Devisi Operasional
Mengurusi
perencanaan pembuatan sistem dan proses untuk
diterapkan pada PT. Alfa Retailindo. Tbk. , sehingga pelaksanaan
sistem dan prosedur tersebut dapat membuat suatu pekerjaan berjalan lebih
efektif dan efisien.
9. Kepala Bagian Central Distribution
a.
Melakukan disribusi untuk barang-barang yang akan
dipasarkan dari
b.
produsen ke gudang atau dari gudang ke masing-masing
pasar swalayan.
c. Mengkoordinir
peralatan distribusi yang akan digunakan.
10. Kepala
Bagian Maintenance
a.
Membuat anggaran perlengkapan dan peralatan
penunjang operasional seperti AC,
diasel, generator dan lain-lain.
b.
Bertanggung jawab atas kelancaran penggunaan peralatan
penunjang operasional.
c.
Memperbaiki peralatan tersebut jika terjadi kerusakan
(kalau masih
dapat diatasi sendiri).
11. Kepala
Divisi Merchandiser
a.
Melakukan pembelian barang-barang yang akan dijual
di PT. Alfa
Retailindo.
b.
Mengamati dan menentukan jenis barang yang sedang
digemari oleh
masyarakat
untuk dijual di PT. Alfa Retailindo.
12. Kepala
Divisi Marketing
a. Menentukan cara
promosi yang efisien dan efektif.
b. Memberikan harga
untuk barang-barang yang akan dijual di PT. Alfa Retailindo.
c.
Melakukan perencanaan tata letak barang untuk lebih
menarik calon
pembeli.
13. Supplier
Relation
Adalah suatu bagian dalam organisasi PT. Alfa
Retailindo yang bertugas menyelidiki segala sesuatu yang menyangkut keadaan
penyuplai barang.
14. Kepala
Divisi Bakery
Pada bagian ini mengurusi pembuatan roti yang akan
dijual di PT. Alfa Retailindo.
15. Kepala
Divisi Fast food
a. Menentukan jenis
fast food yang akan dijual.
b. Mengurusi
penempatan fast food dari luar.
c. Mengurusi peralatan fast food.
3.4. Strategi
Pemasaran PT. Alfa Retailindo.Tbk.
PT
ALFA Retailindo. Tbk menitikberatkan kegiatan pemasarannya pada golongan
menengah dan menengah kebawah, serta selalu mengikuti perkembangan dari segmen
pasar ini. Penelitian serta pemantauan dilakukan secara berkala untuk
mengetahui profil dan tingkah laku pasar.
Barang
yang diperdagangkan oleh PT Alfa Retailindo, Tbk. sebagian besar
termasuk dalam kategori kebutuhan pokok dan peralatan rumah tangga. Diantara
barang-barang tersebut, kebutuhan pokok memberikan kontribusi terbesar pada
penjualan, yang mencakup sekitar 46% dari total penjualan. Sedangkan untuk
peralatan rumah tangga memberikan kontribusi sekitar 29% dan sisanya merupakan
barang-barang kebutuhan lainnya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PT
Alfa Retailindo, Tbk. mempunyai komitmen sebagai berikut:
1.
Kualitas harga murah dan mutu produk tinggi
a.
kami akan mengganti selisih harga barang jika terbukti
harga produk kami lebih mahal dari produk dipasaran.
b.
Kami akan mengganti dengan kualitas yang lebih baik
atau pengembalian uang jika barang kami berkualitas kurang baik.
2.
Jaminan Kepuasan pelanggan, kebijakan retur barang,
pengembalian produk yang dibeli jika tidak sesuai dengan harapan pelanggan
dengan:
a.
Tidak lebih dari 7 hari dari tanggal pembelian.
b.
Ada stok barang.
c.
Barang dalam kondisi lengkap.
3.
Dapat dipercaya. Pelanggan membayar dengan harga
termurah, jika Terjadi selisih harga dikasir dengan harga dirak.
3.5. Wilayah Pemasaran
Dalam
memasarkan penjualannya PT. Alfa Retailindo mengkonsentrasikan wilayah pemasarannya di 8 Kota
Besar yaitu di Jakarta, Bekasi, Tanggerang, Bandung, Semarang ,
Surabaya, Malang, dan Denpasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar