Selasa, 06 November 2012

PENGARUH BIAYA PERIKLANAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG


BAB III
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

3.1. Sejarah Singkat Perusahaan.

PT. ALFA Retailindo didirikan di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 1989, bergerak di bidang usaha perdagangan eceran dan grosir. Dengan mengoperasikan gerai swalayan yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, termasuk elektronik, serta gerai yang melayani pembelian secara grosir.
Antara tahun 1989 sampai 1994, kegiatan usaha dibagi dalam 2 divisi yaitu divisi swalayan yang menangani penjualan eceran, dan divisi grosir. Pada tahun 1994 PT Alfa Retailindo membentuk satu divisi baru yaitu divisi distribusi, namun pada tahun 1996, divisi distribusi memisahkan diri dan membentuk perusahaan terpisah, PT Atri Distribusindo.
Saat ini divisi swalayan telah memiliki 27 gerai yang tersebar di 15 kota di Indonesia, sedangkan divisi grosir memiliki 8 gerai yang tersebar di 8 kota besar di Indonesia. Operasional Kantor pusat PT Alfa Retailindo terletak di Jl. MH Thamrin no. 9, Cikokol, Tangerang.
PT Alfa Retailindo juga memiliki anak perusahaan yakni PT Beta Setia Mega. PT Beta Setia Mega merupakan salah satu distributor eksklusif untuk produk-produk Unilever di sebagian wilayah Jakarta dengan dua unit kerja di Sunter, Jakarta Utara dan Palmerah, jakarta Selatan.
Kantor pusat PT Alfa Retailindo terletak di Jakarta dengan kantor-kantor cabang yang tersebar di kota-kota di pulau Jawa, Bali, dan Sulawesi. Untuk mendukung kesuksesan dalam berbisnis, sejak tanggal 18 Januari 2000 PT Alfa Retailindo telah mencatatkan dan memperdagangkan sahamnya di PT Bursa Efek Jakarta
PT Alfa Retailindo Tbk bergerak dalam pengelolaan dan pengoperasian toko-toko eceran dan grosir dengan nama Toko Gudang Rabat Alfa. Perseroan memiliki 2 anak cabang, yang pertama adalah PT Betasetia Mega, merupakan distributor dari PT Unilever, dan yang kedua adalah PT Alfa Mitramat Utama, pengoperasi jaringan minimarket dengan nama Alfa Minimart.
Program promosi Perseroan untuk divisi supermarket meliputi slogan promo “harga murah setiap hari” untuk item-item tertentu. Join promo program dengan supplier untuk produk baru/sample juga terus digalang, misalnya demo memasak yang diadakan secara periodik. Promosi untuk barang-barang yang dijual dengan harga murah pada hari itu disosialisasikan kepada konsumen melalui brosur yang bernama “Alfa Info” lengkap dengan informasi harganya.
Perseroan dipimpin oleh Putera Sampoerna sebagai presiden komisaris, yang juga menjabat sebagai presiden direktur di PT HM Sampurna Tbk, produsen utama rokok kretek di Indonesia, yang juga telah terdaftar di bursa.

3.2. Kegiatan dan Jenis Usaha Perusahaan

PT. ALFA Retailindo didirikan di Jakarta pada tanggal 27 Agustus 1989, bergerak di bidang usaha perdagangan eceran dan grosir. Dengan mengoperasikan gerai swalayan yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari, perlengkapan rumah tangga, termasuk elektronik, serta gerai yang melayani pembelian secara grosir.
            Divisi Supermarket mengoperasikan 20 outlet di 14 kota di pulau Jawa, Bali, dan Sulawesi Utara. Target konsumennya adalah penjual pengecer kelas menengah ke bawah dan pembeli belanja bulanan. Divisi supermarket mengkategorikan produknya menjadi 2 yaitu: Bagian I, menangani elektronik dan perangkat rumah tangga, serta Bagian II, menangani produk-produk kecantikan, kesehatan, perlengkapan bayi, handuk, sprei, alat dapur, kain, aksesoris, tas dan bahan-bahan kulit, makanan termasuk makanan kering, snacks dan soft drinks, susu dan selai, jelly, bahan-bahan makanan termasuk telur, bahan makanan beku, bahan makanan segar, buah, roti dan kue, dan lain-lain seperti botol dan krat kaleng.

DIVISI ECERAN
Divisi ini bergerak dalam bidang usaha eceran barang-barang kebutuhan pokok, elektronik, serta peralatan rumah tangga. Sebagai salah satu bentuk pelayanan kami kepada pelanggan, kami menggunakan sistem barcode di setiap gerai untuk mempercepat pelayanan transaksi, disertai dengan area parkir dan gedung yang luas untuk kenyamanan dalam berbelanja.
Kami memberikan garansi uang kembali untuk setiap barang-barang yang dibeli jika terbukti harga di gerai kami lebih mahal dibandingkan dengan gerai yang lain. Ini merupakan komitmen Alfa untuk memberikan harga semurah mungkin kepada pelanggan tanpa mengurangi kualitas barang.
Di tahun 2001-2002 ini, setelah melalui berbagai krisis di Indonesia, PT Alfa Retailindo, Tbk. mampu membuktikan diri sebagai salah satu perusahaan eceran terpercaya di Indonesia, dengan dibukanya 3 gerai baru di Jakarta dan Lampung.

DIVISI GROSIR
Hanya gerai dengan luas bangunan yang cukup banyak menampung stok barang yang melayani penjualan secara grosir, dan untuk setiap kota hanya terdapat satu divisi grosir. Saat ini PT Alfa Retailindo. Tbk memiliki 8 gerai yang melayani penjualan secara grosir dan terletak di 8 kota besar Di Indonesia yaitu Jakarta, Bekasi, Bandung, Tangerang, Semarang, Surabaya, Malang, dan Denpasar.
Untuk divisi gosir ini, hanya melayani penjualan barang-barang kebutuhan pokok, dan kami memberikan harga grosir untuk setiap barang dengan tujuan agar pelanggan dapat menjual kembali ke pasar.






3.3. Stuktur Organisasi
      
       PT. ALFA RETAILINDO.Tbk menggunakan sistem organisasi yang biasa disebut dengan sistem lini yaitu suatu sistem yang dibentuk oleh hubungan kekuasaan kepada seorang bawahannya yang berturut-turut mendelegasikan kepada bawahannya yang lain, sehingga membentuk sebuah garis dan tingkat struktur organisasi paling atas sampai tingkat paling bawah. Untuk lebih jelas mengenai pembagian tugas pada masing-masing bagian dapat diterangkan sebagai berikut :

1.  General Manajer, Tugas bagian ini adalah:
  1. Mempertahankan kontuinitas hidup dan laju perusahaan sesuai target yang diharapkan.
  2. Menilai prestasi kerja seluruh karyawan yang dipimpinnya.
  3. Melakukan analisa pasar.
  4. Melakukan tugas-tugas lain yang masih berhubungan dengan pengolahan perusahaan.

2.  Assistant General Manajer I, Tugas bagian ini adalah :
     a.   Mengkoordinir Kepala Divisi Keuangan dan Devisi Personalia.
     b.  Membuat dan meneruskan kebijaksanaan dan rencana kerja    dalam   
           bidang Keuangan dan Personalia General Manager.

3.  Assistant General Manajer II, Tugas bagian ini adalah :
a.       Mengkoordinir Kepala Divisi Operasi, Kepala Bagian Kontradistrik dan  Kepala Bagian Maintenance.
b.      Melapor perkembangan kegiatan dan bagian yang ada di bawahannya  pada General Manager.


4.  Assistant General Manajer III, Tugas bagian ini adalah :
a.       Mengkoordinir kegiatan Kepala Divisi Merchandising, Kepala Devisi Marketing dan bagian Supplier Relation.
b.      Melapor pertimbangan kegiatan dan bagian yang ada dibawahnya  
 pada General Manager.

5.  Kepala  Bagian New Store Division, Tugas bagian ini adalah :
Merencanakan suatu cabang di supermarket di suatu daerah, mulai dari perencanaan izin tempat, izin lain yang diperlukan dan segala sesuatunya yang menyangkut pendirian sampai tanggal peresmian  PT. ALFA Retailindo yang baru itu.

6.  Kepala Divisi Keuangan dan Administrasi, Tugas bagian ini adalah :
a.  Mengawasi keuangan PT. ALFA RETAILINDO yang dihasilkan dan dilaporkan pada Assistant Manajer I.
b.   Mengurusi pembayaran dan penerimaan uang untuk persenan.

7.  Kepala Divisi Personalia dan Umum, Tugas bagian ini adalah :
a.   Merekrut, menyeleksi dan melatih pagawai baru.
b.   Merencanakan dan melakukan training untuk pegawai baru.
c.       Merencanakan dan melakukan program pengembangan karier.

8.  Kepala Devisi Operasional
      Mengurusi perencanaan pembuatan sistem dan proses untuk
diterapkan pada PT. Alfa Retailindo. Tbk. , sehingga pelaksanaan sistem dan prosedur tersebut dapat membuat suatu pekerjaan berjalan lebih efektif dan efisien.

9.  Kepala Bagian Central Distribution
a.       Melakukan disribusi untuk barang-barang yang akan dipasarkan dari
b.      produsen ke gudang atau dari gudang ke masing-masing pasar swalayan.
c.   Mengkoordinir peralatan distribusi yang akan digunakan.

10. Kepala Bagian Maintenance
a.       Membuat anggaran perlengkapan dan peralatan penunjang  operasional seperti AC, diasel, generator dan lain-lain.
b.      Bertanggung jawab atas kelancaran penggunaan peralatan penunjang operasional.
c.       Memperbaiki peralatan tersebut jika terjadi kerusakan (kalau masih
 dapat diatasi sendiri).

11. Kepala Divisi Merchandiser
a.       Melakukan pembelian barang-barang yang akan dijual di  PT. Alfa
Retailindo.
b.      Mengamati dan menentukan jenis barang yang sedang digemari oleh
masyarakat untuk dijual di PT. Alfa Retailindo.

12. Kepala Divisi Marketing
a.   Menentukan cara promosi yang efisien dan efektif.
b.  Memberikan harga untuk barang-barang yang akan dijual di PT. Alfa Retailindo.
c.       Melakukan perencanaan tata letak barang untuk lebih menarik calon
      pembeli.

13. Supplier Relation
Adalah suatu bagian dalam organisasi PT. Alfa Retailindo yang bertugas menyelidiki segala sesuatu yang menyangkut keadaan penyuplai barang.



14. Kepala Divisi Bakery
Pada bagian ini mengurusi pembuatan roti yang akan dijual di PT. Alfa Retailindo.

15. Kepala Divisi Fast food
a.  Menentukan jenis fast food yang akan dijual.
b.  Mengurusi penempatan fast food dari luar.
c.  Mengurusi peralatan fast food.

3.4. Strategi Pemasaran PT. Alfa Retailindo.Tbk.

PT ALFA Retailindo. Tbk menitikberatkan kegiatan pemasarannya pada golongan menengah dan menengah kebawah, serta selalu mengikuti perkembangan dari segmen pasar ini. Penelitian serta pemantauan dilakukan secara berkala untuk mengetahui profil dan tingkah laku pasar.
Barang yang diperdagangkan oleh PT Alfa Retailindo, Tbk. sebagian besar termasuk dalam kategori kebutuhan pokok dan peralatan rumah tangga. Diantara barang-barang tersebut, kebutuhan pokok memberikan kontribusi terbesar pada penjualan, yang mencakup sekitar 46% dari total penjualan. Sedangkan untuk peralatan rumah tangga memberikan kontribusi sekitar 29% dan sisanya merupakan barang-barang kebutuhan lainnya. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, PT Alfa Retailindo, Tbk. mempunyai komitmen sebagai berikut:
1.      Kualitas harga murah dan mutu produk tinggi
a.       kami akan mengganti selisih harga barang jika terbukti harga produk kami lebih mahal dari produk dipasaran.
b.      Kami akan mengganti dengan kualitas yang lebih baik atau pengembalian uang jika barang kami berkualitas kurang baik.
2.      Jaminan Kepuasan pelanggan, kebijakan retur barang, pengembalian produk yang dibeli jika tidak sesuai dengan harapan pelanggan dengan:
a.       Tidak lebih dari 7 hari dari tanggal pembelian.
b.      Ada stok barang.
c.       Barang dalam kondisi lengkap.
3.      Dapat dipercaya. Pelanggan membayar dengan harga termurah, jika Terjadi selisih harga dikasir dengan harga dirak. 

3.5. Wilayah Pemasaran

Dalam memasarkan penjualannya PT. Alfa Retailindo  mengkonsentrasikan wilayah pemasarannya  di 8 Kota  Besar yaitu di Jakarta, Bekasi, Tanggerang, Bandung, Semarang , Surabaya, Malang, dan Denpasar.

Tidak ada komentar: