BAB IV
PEMBAHASAN
4.1
Kegiatan
Periklanan pada PT. Alfa Retailindo Tangerang.
Salah satu tujuan perusahaan untuk jangka panjang adalah
mendapatkan keuntungan atau laba semaksimal mungkin demi kelangsungan hidup dan
perkembangan perusahaan. Untuk itu diperlukan pemasaran yang tepat dan hal
penting yang patut diperhatikan dalam pemasaran adalah promosi, sebab promosi
merupakan intisari dari pemasaran terutama pada zaman persaingan yang semakin
tajam sekarang ini.
Dalam usaha untuk menarik konsumen serta meningkatkan hasil
penjualan PT.Alfa Retailindo Tbk.mengadakan promosi atas
produk-produknya. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh PT. Alfa Retailindo
adalah Periklanan ( Advertising )
sebagai berikut :
. Periklanan
(Advertising)
a. Media elektronik
1. Radio
Saluran
radio yang biasanya digunakan adalah Sonora, Radio Cosmo 100,9, dan Radiofm.
Iklan disiarkan 1 atau 2 minggu sekali. Kelebihan dari iklan radio yaitu media
yang hanya dapat dinikmati melalui pendengaran ini, radio dapat menjangkau
daerah yang luas dan dapat diterima oleh segala lapisan masyarakat. Meskipun
biaya iklan radio ini relatif murah tetapi waktunya sangat terbatas dan
pendengar sering kali kurang mendengarkan secara penuh atau sambil lalu.
b.
Media cetak
1. Surat kabar
Surat
kabar yang biasanya digunakan adalah KOMPAS dan SUARA PEMBARUAN. Iklan dimuat
di koran 2 atau 3 minggu sekali. Kelebihan dari menggunakan media promosi
adalah dapat mencapai masyarakat luas, biayanya relatif murah, fleksibel dan
dapat dinikmati lebih lama.
2.
Majalah
Majalah
yang digunakan untuk promosi adalah majalah khusus seperti majalah wanita
KARTINI dan FEMINA. Iklan dimuat dalam majalah tersebut 2 bulan sekali. Dapat
dikatakan bahwa pembaca majalah ini lebih selektif atau terbatas dibandingkan
dengan surat kabar, biasanya biayanya lebih mahal karena majalah menggunakan
tata warna, dan gambarnya bervariasi sehingga penampilannya lebih menarik,
dengan begitu iklan tersebut dapat dinikmati lebih lama oleh masyarakat.
3. AFC News
AFC
News berisi informasi-informasi Alfa,
klinik kesehatan, resep masakan,
voucer-voucer, jadwal AFC, Merchants dan lain-lain. Alfa News terbit 2 bulan
sekali.
4. Alfa Info
( Katalog atau Brosur )
Alfa
info berisikan informasi produk-produk
yang ditawarkan berserta harga-harganya
secara garis besar. Dan produk-produk yang sedang di diskon atau harga spesial.
Alfa info terbit setiap 2 minggu sekali.
C. Spanduk dan Papan Reklame
Spanduk dan Papan
Reklame di pasang di tempat-tempat yang strategis agar konsumen atau masyarakat
tertarik.
4.2
Pengaruh Biaya Periklanan Terhadap Hasil Penjualan PT.
ALFA Tangerang
Tabel 4.2.1
Laporan
Biaya Iklan dan Hasil Penjualan
PT. Alfa
Retailindo. Tbk.Jl. MH Thamrin No.9
Tahun 1996-2000
(dalam
Jutaan Rupiah)
Tahun
|
Biaya Iklan
(X)
|
Perubahan dalam
%
|
Hasil penjualan
(Y)
|
Perubahan dalam
%
|
1996
|
25,610
|
--
|
390,327
|
--
|
1997
|
32,328
|
26,2
|
629,168
|
61
|
1998
|
47,841
|
48
|
743,800
|
18,2
|
1999
|
54,120
|
13,1
|
815,320
|
9,6
|
2000
|
61,146
|
13
|
986,042
|
21
|
S
|
221,045
|
|
3,564,657
|
|
Sumber : PT. Alfa Retailindo.Tbk
Tabel di atas dapat dilihat adanya
kenaikan hasil penjualan dari tahun ke tahun pada PT.Alfa Retailindo Tbk,
dan biaya periklanan juga ikut meningkat lebih besar dari tahun ke tahun.
Dapat
dikatakan bahwa penaikan biaya periklanan akan mempunyai pengaruh terhadap
peningkatan hasil penjualan. Hal tersebut dapat terjadi karena PT. Alfa
Retailindo memprioritaskan atau
mengutamakan promosi sebagai salah satu alat untuk dapat meningkatkan hasil
penjualan dari tahun ke tahun.
Seperti pada tahun 2000 dengan persentasi biaya
pengiklanan sebesar 13 % akan mempengaruhi peningkatan persentasi hasil
penjualan sebesar 21 %, sedangkan pada tahun-tahun sebelumnya tidak semuanya
mengalami penaikan disebabkan karena faktor situasi politik atau situasi
lainnya yang sedang terjadi.
Dengan
demikian dapat diketahui besarnya biaya periklanan rata-rata pertahun adalah
sebesar Rp 44.209, sedangkan hasil penjualan rata-rata pertahun sebesar Rp
712,931.
Tabel 4.2.2
Perhitungan Koefisien Korelasi antara
Biaya
Periklanan dan Hasil Penjualan
PT. Alfa Retailindo Jl. MH.Thamrin
Tahun
1996-2000
(dalam
Jutaan Rupiah)
Tahun
|
Biaya
periklanan
(X)
|
Hasil
penjualan
(Y)
|
X.Y |
X2
|
Y2 |
1996
|
25,610
|
390,327
|
9.996,274
|
655,872
|
152.355,167
|
1997
|
32,328
|
629,168
|
20.339,743
|
1.045,099
|
395.852,372
|
1998
|
47,841
|
743,800
|
35.584,136
|
2.288,761
|
553.238,440
|
1999
|
54,120
|
815,320
|
44.125,118
|
2.928,974
|
664.746,702
|
2000
|
61,146
|
986,042
|
60.292,624
|
3.738,833
|
972.278,825
|
S
|
221,045
|
3.564,657
|
170.337,800
|
10.657,540
|
2.738.471,51
|
Sumber :
PT. Alfa Retailindo.Tbk
4.2.1
Koefisien Regresi, Korelasi dan Determinasi.
1.
Analisa regresi linier sederhana
b =
n(Sxy)-(Sx)(Sy)
n(Sx2)-(Sx) 2
= 5(170.337,800)-(221,045)(3.564,657)
5(10.657,540)-(221,045) 2
= 851,689-787.949,892
53.287,700-48.860,892
= 63.739,394
4.426,808
b =
14,398
Artinya b = 14,398 merupakan besarnya perubahan
hasil penjualan yang diperoleh, apabila biaya periklanan berubah sebesar satu
satuan.
a = Sy – b (SX)
n
= 3.564,657 –
14,398(221,045)
5
= 3.564,657 –
3.182,605
5
= 382,052
5
a =
76,410
Artinya a
= 76,410 merupakan besarnya hasil penjualan apabila X = 0 (biaya periklanan
ditiadakan).Maka persamaan regresinya adalah :
Y = a + b X
Y = 76,410 + 14,398 X
Dari persamaan linier tersebut menunjukkan bahwa
besar biaya periklanan (X) mempengaruhi
hasil penjualan (Y) sampai batas tertentu.
2.
Analisa
koefisien korelasi
r = n(Sxy)-(Sx)(Sy)
Ö(Sx2)-(Sx)2 * Ön(Sy2)-( Sy)2
= 5(170.337,800)-(221,045)(3.564,657)
Ö 5(10.657,540)-(221,045) 2 * Ö5(2.738.471,510)-(3.564,657)2
= 851,689-787.949.606
Ö53.287,700-48.860,892 * Ö13.692.357,550-12.706.779,527
= 63.739,394
Ö4.426,808 *
Ö985.578,023
= 63.739,394
66.052,427
r
= 0,96
Dari
perhitungan diatas diperoleh nilai r = 0,96, nilai tersebut adalah positif
sempurna dan sangat kuat atau mendekati +1. Positif sempurna berarti bahwa
hubungan antara biaya periklanan (X) dan hasil penjualan (Y) adalah searah,
yaitu apabila biaya periklanan(X) naik maka hasil penjualan (Y) juga naik dan
sebaliknya. Dan sangat kuat berarti
pengaruh biaya periklanan (X)
terhadap hasil penjualan (Y) sangat besar. Dengan demikian nilai koefisien
korelasi r = 0,96 menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara
biaya periklanan terhadap peningkatan hasil penjualan.
3. Koefisien Determinasi
Untuk
melihat pengaruh biaya Periklanan terhadap hasil penjualan dapat digunakan koefisien
determinan (r2) yaitu :
r2 = (0,96)2
= 0,9216
r2 = 92,16 %
Dari hasil koefisien determinan diatas dapat disimpulkan
bahwa biaya Periklanan mempengaruhi hasil penjualan dan sisanya 7,84 %
dipengaruhi oleh faktor lain diantaranya
biaya distribusi, dan biaya tenaga kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar