BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Pada dasarnya, tujuan utama suatu perusahaan
dijalankan sesuai dengan prinsip ekonomi adalah untuk memperoleh laba atau
keuntungan yang optimum dengan pengorbanan yang minimum. Pemasaran merupakan
salah satu strategi andalan yang dimiliki perusahaan untuk kelangsungan hidup
perusahaan tersebut. Ini disebabkan peran pemasaran yang dapat memberi besarnya
peluang untuk mencapai misi organisasi yang telah direncanakan.
Segala usaha dalam mengatur atau
mengendalikan manajemen perusahaan agar kondisi tersebut diatas dapat menjadi
kenyataan dalam perusahaan. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan meninjau atau
meneliti dari berbagai sudut pandang, salah satunya dari sudut pandang bagian
promosinya, dan dari bidang promosi ini kita masih dapat melakukan penelitian
dari berbagai sisi. Dalam hal ini penulis dalam penulisan ilmiahnya tertarik
untuk meneliti salah satu dari bauran elemen promosi yaitu periklanan.
Iklan
adalah merupakan salah satu cara perusahaan untuk memperkenalkan barang atau
jasa yang dihasilkan perusahaan, baik melalui media elektronik maupun melalui
media cetak, dengan harapan barang atau jasa tersebut dapat memenuhi kebutuhan
konsumen. Melalui periklanan diharapkan juga menarik minat konsumen untuk mengkonsumsi
barang atau jasa yang dimiliki perusahaan.
Berdasarkan
permasalahan diatas, maka penulis memilih judul
“ PENGARUH BIAYA PERIKLANAN
TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG”
1.2. Rumusan
Masalah
Berdasarkan uraian dalam latar
belakang penulisan, penulis merumuskan masalah penelitian ini yaitu :
1. Periklanan
apa sajakah yang digunakan PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG ?
2. Bagaimana Pengaruh Biaya
Periklanan Terhadap Hasil Penjualan pada PT.
ALFA RETAILINDO TANGERANG ?
1.3. Batasan
Masalah
Dalam
penulisan ini, penulis hanya membatasi dan akan membahas tentang Periklanan dan
bagaimana pengaruh Biaya Periklanan terhadap penjualan pada PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG pada tahun 1996 – 2000 berdasarkan data
yang penulis dapatkan, Dengan menggunakan Metode Regresi, Korelasi dan
Determinasi .
1.4. Tujuan
Penulisan
Penulisan
ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui:
1.
Periklanan yang digunakan PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG.
2.
Pengaruh Biaya Periklanan terhadap Hasil penjualan pada
PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG.
1.5. Metodelogi
Penelitian
Penulis dalam melakukan penulisan
ilmiah ini memperoleh data dari PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG. Dimana
dalam melakukan penulisan ilmiah ini penulis menggunakan 2 ( Dua ) metode
pengumpulan data yaitu:
1.
Metode Penelitian Lapangan
Merupakan suatu penelitian guna
mendapatkan data yang diperlukan. Dalam
hal ini penulis hanya mengambil data yang berhubungan dengan penelitian ilmiah
yang ditulis yaitu: sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, kegiatan
dan jenis usaha perusahaan, wilayah pemasaran, biaya iklan dan pendapatan pada
tahun tertentu. Data yang ada bersifat data Sekunder.
2.
Metode Penelitian kepustakan
Merupakan suatu metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data melalui
penelitian kepustakaan dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan,
baik secara langsung
maupun tidak langsung dengan masalah yang diteliti.
1.6.
Sistematika Penulisan
Adapun sistematika dalam penulisan
ilmiah ini adalah sebagai berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar