Selasa, 06 November 2012

PENGARUH BIAYA PERIKLANAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG


BAB I

PENDAHULUAN



1.1.  Latar Belakang Masalah

   Pada dasarnya, tujuan utama suatu perusahaan dijalankan sesuai dengan prinsip ekonomi adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan yang optimum dengan pengorbanan yang minimum. Pemasaran merupakan salah satu strategi andalan yang dimiliki perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan tersebut. Ini disebabkan peran pemasaran yang dapat memberi besarnya peluang untuk mencapai misi organisasi yang telah direncanakan.
            Segala usaha dalam mengatur atau mengendalikan manajemen perusahaan agar kondisi tersebut diatas dapat menjadi kenyataan dalam perusahaan. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan meninjau atau meneliti dari berbagai sudut pandang, salah satunya dari sudut pandang bagian promosinya, dan dari bidang promosi ini kita masih dapat melakukan penelitian dari berbagai sisi. Dalam hal ini penulis dalam penulisan ilmiahnya tertarik untuk meneliti salah satu dari bauran elemen promosi yaitu periklanan.
Iklan adalah merupakan salah satu cara perusahaan untuk memperkenalkan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan, baik melalui media elektronik maupun melalui media cetak, dengan harapan barang atau jasa tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Melalui periklanan diharapkan juga menarik minat konsumen untuk mengkonsumsi barang atau jasa yang dimiliki perusahaan.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka penulis memilih judul  “ PENGARUH BIAYA PERIKLANAN TERHADAP HASIL PENJUALAN PADA PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG



1.2.  Rumusan Masalah
            Berdasarkan uraian dalam latar belakang penulisan, penulis merumuskan masalah penelitian ini yaitu :
  1. Periklanan apa  sajakah yang digunakan PT. ALFA RETAILINDO      TANGERANG ?
2. Bagaimana Pengaruh Biaya Periklanan Terhadap Hasil Penjualan pada PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG ? 

1.3.  Batasan Masalah
Dalam penulisan ini, penulis hanya membatasi dan akan membahas tentang Periklanan dan bagaimana pengaruh Biaya Periklanan terhadap penjualan pada PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG  pada tahun 1996 – 2000 berdasarkan data yang penulis dapatkan, Dengan menggunakan Metode Regresi, Korelasi dan Determinasi .

1.4.  Tujuan Penulisan
Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui:
1.      Periklanan yang digunakan PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG.
2.      Pengaruh Biaya Periklanan terhadap Hasil penjualan pada PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG.

1.5.  Metodelogi Penelitian
            Penulis dalam melakukan penulisan ilmiah ini memperoleh data dari        PT. ALFA RETAILINDO TANGERANG. Dimana dalam melakukan penulisan ilmiah ini penulis menggunakan 2 ( Dua ) metode pengumpulan data yaitu:
1.        Metode Penelitian Lapangan
Merupakan suatu  penelitian guna mendapatkan data yang  diperlukan. Dalam hal ini penulis hanya mengambil data yang berhubungan dengan penelitian ilmiah yang ditulis yaitu: sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, kegiatan dan jenis usaha perusahaan, wilayah pemasaran, biaya iklan dan pendapatan pada tahun tertentu. Data yang ada bersifat data Sekunder.
2.        Metode Penelitian kepustakan
Merupakan suatu metode yang digunakan  untuk  mengumpulkan  data melalui penelitian kepustakaan dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan, baik  secara  langsung  maupun tidak  langsung  dengan masalah yang diteliti.
    
1.6.  Sistematika Penulisan
            Adapun sistematika dalam penulisan ilmiah ini adalah sebagai berikut:

Tidak ada komentar: